Senin, 08 Agustus 2016

MEMBUAT EXCEL SEPERTI STANDALONE (.EXE)



BUAT FILE EXCEL MENJADI (SEPERTI) STANDALONE (.EXE)
Membuat/konvert file excel menjadi benar-benar standalone atau dalam format .exe sampai saat ini masih menjadi hal yang belum bisa dilakukan. Tetapi dengan kreatifitas kita dapat membuat sebuah file excel dengan tampilan seperti sebuah aplikasi sendiri. Manfaatnya adalah formula dan menu dapat disembunyikan sehingga orang lain tidak dapat mengubahnya.

 









File ini tetap berekstensi .xlsx (dengan macro enabled workbook) tetapi dengan tapilan yang tidak lagi seperti file excel.
Ada dua hal utama yang harus dilakukan :
1.       Buat tampilan selayaknya mendesain sebuah aplikasi
2.       Sembunyikan toolbar dan semua menu bawaan excel
Baiklah, untuk menyingkat waktu kita akan mulai tahap pertama : desain aplikasi
1.       Buka file excel
2.       Pada sheet 1 : Buatlah sebuah border (bingkai) yang akan menjadi batas aplikasi dan usahakan luasnya sama dengan luas layar laptop. Ganti nama sheet 1 dengan HALAMAN DEPAN (atau sesuai selera)









3.       Buatlah barisan menu yang dibutuhkan (toolbar) layaknya sebuah aplikasi yang anda inginkan. Boleh menggunakan shape atau picture. Di contoh ini saya menggunakan shape.

 









4.       Siapkan sheet 2 sebagai jendela baru. Desain seperti yang anda mau. Ini diperlukan apabila anda memiliki menu yang menuju ke halaman lain (navigation).












5.       Pada sheet 1, tambahkan detail nya seperti backgound, picture dll. Demikian juga pada sheet-sheet yang lain.











6.       Buang grid : klik menu view. Buang ceklis pada Gridlines.
7.       Batasi halaman dengan hide (sembunyikan) kolom yang tidak diperlukan. Caranya : klik pada heading (itu lho, barisan yang berisi huruf dan angka : A.B,C,D dst dan angka 1,2,3 dst). Misal pada contoh ini kolom dari V tidak diperlukan, jadi saya klik kolom V, lalu tekan CTRL + Shift dan tahan, Lalu tekan panah ke kanan pada keyboard. Setelah itu klik kanan pilih HIDE.
8.       Untuk menyembunyikan baris, caranya sama, klik mulai dari baris yang tidak diperlukan. Tekan : CTRL+Shift, tahan, tekan panah ke bawah. Klik kanan: Hide.










9.       Setelah desain selesai, sembunyikan formula bar dan sheet tabs. Tetapi ingat! Sebelum menyembunyikan sheets tabs, pastikan sudah memiliki tombol navigasi untuk menuju sheet yang lain (cara membuat tombol navigasi ada pada tutorial lain).
10.   Cara menyembunyikan formula bar dan sheet tabs adalah dengan klkik pada logo windows (pojok kiri atas), pilih excel option, pilih advance, carilah dan buang ceklis pada formula bar dan sheets tabs.










11.   selanjutnya buang Heading dengan cara klik view : buang ceklis pada Headings











12.   Simpan file anda dengan save as : excel macro-enabled workbook.











13.   Detail : umumnya dalam sebuah aplikasi, apabila kita geser halaman kebawah, maka menu bar akan tetap pada tempatnya (tidak ikut bergeser). Untuk melakukan itu gunakan saja freeze panes. Caranya : klik pada kolom dibawah batas menu dan batas kiri (pojok), klik view, klik freeze panes.










Langkah pertama selesai. Lanjutkan dengan langkah kedua : sembunyikan toolbar bawaan excel.



1.       Klik menu developer. Klik visual basic.











2.       Akan tampil jendela visual basic. Ini untuk memasukkan kode yang jika dijalankan hasilnya akan menyembunyikan toolbar excel.














3.       Ganti (General) dengan Workbook : klik panah kecil disampingnya.











4.       Ganti declarations dengan Open














5.       Isikan kode berikut :








Keterangan kode:
1.     Private Sub Workbook_Open() : adalah perintah supaya kode ini dijalankan saat workbook dibuka.
2.     Application.ExecuteExcel4Macro”show.toolbar(“”Ribbon””,False)” : adalah perintah untuk menyembunyikan menu Ribbon (toolbar) excel.
3.     Application.DisplayFormulaBar=False : adalah perintah untuk menyembunyikan formula bar. Sebab kadang bila kita membuka file excel lain dan mengaktifkan formulanya, maka formula bar pada aplikasi kita juga tetap tampil.
4.     Worksheets(“HALAMAN DEPAN”).Select : adalah perintah supaya saat aplikasi dibuka akan langsung menuju ke HALAMAN DEPAN (Sheet 1)
LANGKAH SELANJUTNYA
1.       Simpan VBA.
2.       Tutup jendela VBA
3.       Tutup excel
4.       Buka excel dan lihat hasilnya.










































Tidak ada komentar:

Posting Komentar