Minggu, 08 April 2018

Letak dan Luas Indonesia



Setelah memahami konsep ruang pada materi sebelumnya, sekarang kita akan melihat salah satu contoh dari sebuah ruang yaitu Indonesia. Indonesia merupakan salah satu contoh dari ruang dipermukaan bumi dan seperti ruang – ruang yang lain, Indonesia juga memiliki karakteristik yang berbeda dengan negara-negara lain. Salah satu karakteristik wilayah Indonesia dapat kita lihat berdasarkan letak dan luasnya yang tentu memiliki perbedaan dengan negara lain di dunia.


1.       Letak Indonesia.
Sebelum membahas tentang karakteristik letak Indonesia alangkah baiknya kita perlu mengetahui darimana kita memperoleh informasi tentang letak sebuah wilayah? Benar! Letak atau lokasi suatu tempat dapat kita ketahui melalui sebuah peta. Apa itu peta?
A.      Pengertian Peta
Peta adalah gambaran permukaan bumi pada suatu bidang datar dan diperkecil menggunakan skala. Agar sebuah peta dapat memberikan informasi yang dibutuhkan maka peta harus dilengkapi dengan komponen atau unsur-unsur peta. Sebuah peta yang baik harus memiliki komponen peta yang lengkap. Apa saja kah komponen peta? Perhatikanlah peta di bawah ini!





Peta di atas sudah dapat dikatakan memenuhi syarat sebuah peta yang baik. Dapatkah kamu menyebutkan komponen peta yang terdapat di dalam peta di atas?




A.      Komponen Peta
1.       Judul
Menunjukkan isi peta
2.       Skala
Merupakan perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya dari wilayah yang dipetakan. Bagaimanakah cara menghitung skala?
3.       Orientasi
Merupakan sebuah gambar atau simbol yang menunjukkan arah mata angin. Orientasi sebuah peta umumnya menunjukan arah utara yang terletak di atas.
4.       Simbol
Merupakan sebuah gambar yang mewakili objek tertentu yang dipetakan. Ada berapa jenis simbol?
5.       Garis Koordinat
Merupakan garis astronomis yang terdiri dari garis lintang dan garis bujur.
6.       Inset
Merupakan peta kecil yang terdapat dalam sebuah peta yang menunjukkan lokasi yang dipetakan dalam wilayah yang lebih luas, biasanya diletakkan di sudut.
7.       Legenda
Berupa kolom yang berisi keterangan simbol yang terdapat dalam peta.
8.       Tahun dan Sumber Pembuatan peta  
9.     Nama pembuat



Setelah memahami tentang peta, coba amati peta indonesia! Dimanakah letak Indonesia? Dimanakah batas negara Indonesia? Indonesia berbatasan dengan 10 (sepuluh) negara tetangga, baik berupa batas darat maupun batas laut.
       Indonesia berbatasan di darat dengan negara : Malaysia, Papua New Guinea (PNG), dan Timor Leste,
       sedangkan batas lautnya: dengan negara India, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Palau, Papua New Guinea, Australia, dan Timor-Leste.
       Batas Indonesia juga dapat dilihat dari posisinya (utara, selatan, barat, timur), yaitu sebagai berikut.
Ø  Sebelah utara Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Palau, Filipina, dan Laut CinaSelatan.
Ø  Sebelah selatan Indonesia berbatasan dengan Timor Leste, Australia, dan Samudra Hindia.
Ø  Sebelah barat Indonesia berbatasan dengan India dan Samudra Hindia.
 Sebelah timur Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudra Pasifik.  


Letak suatu wilayah dapat diketahui berdasarkan letak astronomis, letak geografis dan letak geologisnya. Masing-masing memberikan dampak positif maupun negatif.

A.      Letak Astronomis Indonesia
Letak astronomis adalah letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Amatilah peta Indonesia dan tentukan letak astronomisnya!
Letak astronomis berpengaruh terhadap iklim dan pembagian waktu. Karena letak astronomisnya, Indonesia beriklim Tropis, mengapa demikian? Carilah informasi tentang batas wilayah yang beriklim tropis!
Selain berpengaruh terhadap iklim, letak astronomis juga berpengaruh terhadap pembagian waktu. Bagaimanakah pembagian waktu di Indonesia? Mengapa demikian? Carilah informasi mengenai pembagian zona waktu di Indonesia!

B.      Letak Geografis Indonesia
Letak geografis adalah letak suatu wilayah berdasarkan kenyataan di permukaan bumi. Karena letak geografisnya, Indonesia berada pada wilayah yang strategis. Mengapa demikian?
Letak geografis Indonesia memberi dampak terhadap berbagai aspek kehidupan, baik aspek ekonomi, sosial-budaya maupun geologisnya. Dapatkan kamu menjelaskan dampak letak geografis Indonesia?

C.      Letak Geologis Indonesia
Letak geologis adalah letak suatu wilayah dilihat dari posisi batuan. Secara geologis Indonesia terletak di pertemuan tiga lempeng tektonik. Lempeng apa sajakah itu? Apakah dampak yang ditimbulkan dari letak geologis Indonesia tersebut 





Sekarang kamu sudah paham bukan tentang letak Indonesia? Apakah menurutmu letak wilayah Indonesia tersebut dapat memberikan keuntungan? Ya! Letak Indonesia yang sangat strategis itu telah memberikan banyak keuntungan bagi penduduknya. Coba kamu cari informasi dari berbagai sumber mengenai apa sajakah keuntungan dari letak Indonesia baik secara astronomis, geografis maupun geologis?

Letak geografis Indonesia sangat strategis karena menjadi jalur pelayaran dunia. Artinya hampir seluruh kegiatan pelayaran dunia melewati perairan Indonesia. Tabel berikut ini menunjukkan beberapa contoh rute pelayaran dari berbagai dunia. Rute manakah yang melewati Indonesia? 



Selat Malaka merupakan salah satu selat tersibuk di dunia. Pada tahun 2004, sedikitnya 93.757 kapal melewati Selat Malaka dengan membawa berbagai komoditas seperti minyak bumi dan produk lainnya. Selat Malaka merupakan pintu masuk kapal dagang dari barat (Negara -Negara Eropa dan Timur Tengah, seperti Prancis dan Arab Saudi) ke arah timur (Asia Timur seperti Tiongkok, Jepang, Taiwan dan lainnya) dan sebaliknya. Banyak kapal tanker pengangkut minyak melewati selat Malaka untuk dikirim ke negara-negara di Asia Timur.





1.      Luas Indonesia
Selain letaknya yang startegis Indonesia juga memiliki luas wilayah yang tergolong besar. Badan Informasi Geospasial (BIG) menyebutkan wilayah Indonesia terdiri atas daratan seluas 1.922.570 km2 dan perairan seluas 3.257.483 km2. Jika dibandingkan dengan wilayah lainnya, maka luas wilayah Indonesia (daratan dan lautan) kurang lebih sama dengan Eropa atau hampir sama dengan Amerika Serikat atau Australia. Daratannya terdiri atas 13.466 pulau yang menjadikannya sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Banyaknya pulau membuat garis pantainya juga sangat besar yaitu mencapai 99.030 kilometer

Luas Indonesia yang begitu besar memberikan banyak keuntungan bagi penduduknya. Dengan luas wilayah seperti itu negara Indonesia memiliki banyak kekayaan sumber daya, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. Apakah bangsa Indonesia sudah mampu memanfaatkan sumber daya yang melimpah itu dengan optimal?















Tidak ada komentar:

Posting Komentar