Minggu, 08 April 2018

POTENSI SDA INDONESIA





Masih ingatkah kamu bahwa setiap ruang di permukaan bumi memiliki karakteristik yang berbeda? Apa akibat dari adanya perbedaan karakteristik ruang? Ya! Perbedaan karakteristik ruang akan mengakibatkan perbedaan sumber daya yang dimiliki.
Indonesia kaya akan berbagai sumber daya alam. Potensi kekayaan sumber daya alam tersebut sangat terkait dengan keadaan fisik alam Indonesia yang memungkinkan terbentuknya beraneka ragam sumber daya alam. Iklim dan kondisi bentuk muka bumi yang beragam memberikan kemungkinan keragaman sumber daya alam yang ada di Indonesia.


Kekayaan sumber daya alam Indonesia pada kenyataannya tidak tersebar merata. Ada wilayah yang sangat kaya akan sumber daya alam, ada juga yang sebaliknya. Setiap wilayah memiliki kekayaan alamnya sendiri yang tidak dimiliki oleh wilayah lainnya. Sebagian dari kekayaan alam tersebut dimanfaatkan sehingga memberikan dampak yang optimal bagi kesejahteraan penduduk.

1.      Pengertian Sumber Daya Alam
Sumber daya alam adalah semua bahan yang ditemukan manusia dalam alam yang dapat dipakai untuk kepentingan hidupnya.

A.     Bentuk-Bentuk Sumber Daya Alam
Potensi sumber daya alam Indonesia dilihat dalam beragam bentuk. Air, tanah, udara, batuan, hutan, bahan tambang, dan lain-lain merupakan bentuk-bentuk sumber daya alam.

Sumber daya alam dapat dikelompokan berdasarkan beberapa hal :

1.      Kemungkinan Pemulihannya
a.       Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang dapat tersedia kembali dalam waktu yang cepat sehingga tidak dapat habis. Contohnya: tumbuhan, hewan, air dan udara.
b.      Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang pembentukannya berlangsung sangat lambat dalam waktu jutaan atau ratusan juta tahun. Contohnya : minyak bumi, gas alam, batu bara.
2.      Berdasarkan Materinya:
a.       Sumber daya alam organik adalah sumber daya alam yang bahannya berupa jasad hidup. Contohnya : hewan dan tumbuhan.
b.      Sumber daya alam anorganik adalah sumber daya alam yang materinya berupa benda mati. Contohnya : tanah, batuan,gasa alam.
3.      Berdasarkan Habitatnya
a.       Sumber daya alam terestris adalah sumber daya alam yang berasal dari daratan. Contohnya: perkebunan, keramik, genteng, sawah.
b.      Sumber daya alam akuatik adalah sumber daya alam yang berhubungan dengan perairan. Contoh : sungai kapuas, danau toba, laut, air hujan, air sumur.

2.      Potensi Sumber Daya Hutan Di Indonesia
Hutan Indonesia memiliki potensi yang sangat besar yaitu mencapai 99,6 juta hektar atau 52,3% dari luas wilayah Indonesia (Kemenhut, 2011). Luas hutan yang besar tersebut, saat ini masih dapat dijumpai di Papua, Kalimantan, Sulawesi dan Sumatra.

Luas wilayah Indonesia hanya 1,3% dari luas dunia. Walaupun demikian, keanekaragaman hayati di Indonesia sangat tinggi meliputi 25% dari total jenis ikan di dunia, 17% dari total jenis burung, 16% dari total reptilia di dunia, 12% dari total mamalia, dan 10% dari total tumbuhan berbunga di dunia.

Luas Hutan saat Ini mengalami panyak penurunan. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementerian Kehutanan, laju kerusakan hutan kita mencapai 300.000 hektar per tahun. Akibatnya, banyak spesies tumbuhan dan hewan yang terancam punah, bahkan beberapa diantaranya dianggap punah.

Di Jawa, luas hutan telah mengalami banyak penurunan karena terjadi alih fungsi untuk pertanian dan permukiman penduduk. Sementara itu, alih fungsi hutan menjadi pertanian dan perkebunan banyak dijumpai di Sumatra dan Kalimantan.

Forest watch Indonesia mencatat masih ada 82 juta ha luas Indonesia yang masih tertutup hutan. Sampai dengan tahun 2013, luas hutan di Indonesia adalah:
1.      Papua                                       : 29,4 jt ha
2.      Kalimantan                              : 26,6 jt ha
3.      Sumatera                                  : 11,4 jt ha
4.      Sulawesi                                  : 8,9 jt ha
5.      Maluku                                    : 4,3 jt ha
6.      Bali dan Nusa Tenggara           : 1,1 jt ha
7.      Jawa                                        : 675 ribu ha

Indonesia merupakan negara dengan hutan tropis terluas ketiga setelah Brazil dan Kongo. Hutan hujan tropis merupakan hutan berdaun lebar yang selalu hijau (evergreen) dan memiliki kerapatan yang tinggi. Hutan hujan tropis tumbuh baik pada wilayah dengan curah hujan minimal 800 – 1200 mm/tahun, kelembapan tinggi (lebih dari 80 %) dan suhu yang tinggi sepanjang tahun.

Dari hutan tropis yang dimiliki Indonesia juga dihasilkan buah-buahan dan obatobatan. Namun demikian, hasil hutan yang banyak dikenal penduduk adalah sebagai sumber kayu. Setidaknya terdapat 4000 jenis kayu yang 267 diantaranya merupakan kayu yang memiliki nilai ekonomi tinggi.



1.      Potensi Sumber Daya Tambang Di Indonesia





A.     Minyak bumi
Produksi minyak bumi pertama di Indonesia adalah di Majalengka Jawa Barat. Pengeboran dilakukan oleh orang Belanda bernama J. Reerink tahun 1871. Pengeboran dilakukan dengan bantuan tenaga lembu dan menghasilkan 6000 liter minyak bumi

 





A.     Batu Bara
Batu bara adalah batuan sedimen yang terbentuk dari sisa tumbuhan yangn telah mati dan mengendap selama jutaan tahun yang lalu. Unsur-unsur yang menyusunnya terutama adalah karbon, hidrogen, dan oksigen.

Daerah sebelimbingan Kota Baru di Pulau Luat diyakini merupakan daerah pertama penambangan batu bara di Indonesia sebelum di Ombilin Sumatra. Saat ini Indonesia merupakan salah satu eksportir batu bara terbesar di dunia.
Batu bara digunakan sebagai sumber energi untuk berbagai keperluan. Energi yang dihasilkan batu bara dapat digunakan untuk pembangkit listrik, untuk keperluan rumah tangga (memasak), pembakaran pada industri batu bata atau genteng, semen, batu kapur, bijih besi dan baja, industri kimia dan lain-lain.

B.     Bauksit
Bauksit adalah sumber bijih utama untuk menghasilkan aluminium. Bauksit bermanfaat untuk industri keramik, logam, kimia, dan metalergi. Indonesia memiliki potensi bauksit yang cukup besar dengan produksi mencapai 1.262.710 ton.

Sebagian dari hasil pertambangan bauksit dimanfaatkan untuk industri dalam negeri dan sebagian lainnya diekspor. Bauksit ditambang di daerah Kepulauan Riau (Pulau Bintan) dan Kalimantan Barat (Singkawang).

C.     Pasir besi
Pasir besi dimanfaatkan untuk industri logam besi dan industri semen. Aktivitas penambangan pasir besi dapat ditemukan di Cilacap (Jawa Tengah), Sumatra, Lombok, Yogyakarta, Gunung Tegak (Lampung), Pegunungan Verbeek (Sulawesi Selatan) dan Pulau Sebuku (Kalimantan Selatan).

D.     Emas
Emas umumnya dimanfaatkan untuk perhiasan. Berdasarkan data Tekmira ESDM, produksi emas Indonesia pada tahun 2003 mencapai 141.019 ton. Berikut ini tambang emas yang tersebar di Indonesia. Papua (Freeport Timika), Kalimantan Barat (Sambas), Nangroe Aceh Darussalam (Meulaboh), Sulawesi Utara (Bolaang Mongondow, Minahasa), Riau (Logos), dan Bengkulu (Rejang Lebong).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar